ESSAY

Writer / NIM
FATMAH KADIR / 151408062
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Advisor 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstract
Fatmah Kadir. 2012. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Puisi Melalui Diksi Yang Tepat Di Kelas IV SDN No.27 Dungingi Kota Gorontalo. Skripsi , Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar , Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing Skripsi 1 Hj. Sumarni Mohammad, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah “Apakah pembelajaran yang dilaksanakan dengan menggunakan diksi yang tepat kemampuan siswa dalam menulis puisi akan meningkat?” Sedangkan penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis puisi melalui diksi yang tepat di kelas IV SDN No.27 Dungingi Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari tahap awal atau tahap persiapan, pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi serta tahap analisis dan refleksi. Data yang terkumpul dinalisis secara kulitatif. Hasil penelitia terkait dengan adanya upaya meningkatkan kemampuan siswa menulis puisi melalui diksi yang tepat di kelas IV SDN No.27 Dungingi Kota Gorontalo menunjukkan bahwa, pada siklus I kemampuan siswa menulis puisi melalui diksi yang tepat yakni sebanyak 19 siswa atau 65,51% dari 29 siswa. Selanjutnya pada siklus II meningkat menjadi 25 siswa atau 86,20% yang sudah mampu menulis puisi melalui diksi yang tepat. Terkait hasil penelitian tersebut, maka disimpulkan bahwa menulis puisi dapat ditingkatkan melalui diksi yang tepat. Kata kunci : Menulis, Puisi, Diksi
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011