ESSAY

Writer / NIM
FATRAWATI M BOTUTIHE / 151408067
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Advisor 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstract
ABSTRAK Fatrawati Botutihe, 2012. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menentukan Pikiran Pokok Dalam Teks Cerita Pendek Melalui Pendekatan Komunikatif Di SDN 5 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Progaram Sutdi S1 PGSD, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd, dan Pembimbing II Hj. Sumarni Mohamad, S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan siswa menentukan pikiran pokok dalam teks cerita pendek melalui pendekatan komunikatif di kelas IV SDN 5 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango dapat meningkat?. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang penerapan pendekatan komunikatif dalam meningkatkan kemampuan siswa menentukan pikiran pokok dalam teks cerita pendek di kelas IV SDN 5 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango yang berjumlah 26 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa menentukan pikitan pokok dalam teks cerita pendek di kelas IV SDN 5 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango. Berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan pembahasan hasil interprestasi dapat diperoleh hasil penilaian pada siklus I tentang kemampuan menentukan pikiran pokok dalam teks cerita pendek siswa kelas IV SDN 5 Bulango Selatan belum menunjukkan seperti apa yang diharapkan. Sebab dari 26 siswa yang dikenai tindakan diperoleh hasil pengamatan pada siklus I yakni 38.46% dan siklus II meningkat menjadi 88.46%. Melihat hasil ini, indikator kerja yang telah dirumuskan dalam penelitian ini yaitu apabila 86% dari jumlah siswa dalam menetukan pikiran pokok dapat dicapai. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa siswa kelas IV SDN 5 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango dalam hal menentukan pikiran pokok dapat ditingkatkan dengan menggunakan pendekatan komunikatif. Kata Kunci : Pikiran pokok cerita pendek, dan Pendekatan komunikatif. ABSTRACT Fatrawati Botutihe, 2012. Increasing Student ability Determines To Collect Thoughts Subject In Short Story Text Via Communicative Approaching At class IV SDN 5 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango. Paper, Progaram Sutdi S1 PGSD, Education majors Learns Elementary School, Education Knowledge faculty, Gorontalo's Country university. Counsellor I Dr. Hj Is Rusmin Husain, S. Pd, M. Pd , and Counsellor II Hj. Sumarni Mohamad, S. Pd, M. Pd. About problem in this research is if student ability determine to collect thoughts subject in short story text via communicative approaching at class IV SDN 5 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango can increase?. To the effect this research to get clear picture about communicative approaching implement in increase student ability determines to collect thoughts subject in short story text at class IV SDN 5 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango that total 26 person. Method that is utilized in this research is kualitatif's approximate methods by use of kualitatif's descriptive method that aims to describe student ability determines pikitan subject in short story text at class IV SDN 5 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango. Base observation result, interview, and interprestasi's result study can get estimation result on i. cycle about ability determines to collect thoughts subject in student short story text class IV SDN 5 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango haven't pointed out as what does be expected. Cause of 26 student that hit by yielding acquired action observing on i. cycle namely 38. 46% and cycle II. worked up as 88. 46%. Seeing this result, job indicator already been formulated deep observational it which is if 86% of student amount in determine subject think can be reached. Thus can be concluded that student class IV SDN 5 Bulango Selatan Bone Bolango in term determine subject think can be increased by use of communicative approaching. Key word: Shorts story subject think, and communicative Approaching.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011