ESSAY

Writer / NIM
HAJIRA USMAN / 151408079
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Advisor 2 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Abstract
ABSTRAK Hajira Usman. NIM. 151 408 079. “Meningkatkan Kemampuan Menemukan Rumus Luas Persegi dan Persegi Panjang Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas III SDN 6 Suwawa Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo”. Skripsi Program Studi S-I PGSD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. 2012. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan kemampuan menemukan rumus luas persegi dan persegi panjang pada siswa kelas III SDN 6 Suwawa Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo ? tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menemukan rumus luas persegi dan persegi panjang pada siswa kelas III SDN 6 Suwawa Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil pelaksanaan tindakan yang dicapai pada siklus I belum menunjukan hasil yang diharapkan, karena siswa yang memperoleh nilai 62 ke atas berjumlah 17 siswa atau 53.12%. sedangkan siswa yang memperoleh 62 ke bawah berjumlah 15 siswa atau 46.88%. untuk itu diadakan lagi tindakan ke siklus II, ternyata pada siklus II siswa yang tuntas mengalami peningkatan yaitu menjadi 28 siswa atau 87.5% dari jumlah siswa 32 orang. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa kemampuan menemukan rumus luas persegi dan persegi panjang dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas III SDN 6 Suwawa Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo. Kata Kunci: Kemampuan, Menemukan, Rumus, Persegi, Persegi Panjang, STAD ABSTRACT Hajira Usman. NIM. 151 408 079. "Finding the Formula Area Upgrading Square and Rectangular Type Through STAD Cooperative Learning Model Students In Class III Elementary School District 6 Suwawa Bone Bolango Gorontalo Province". Thesis Program SI PGSD Department of Teacher Education Faculty of Education Elementary School, State University of Gorontalo. Of 2012. Formulation of the problem in this study is Is a model of type STAD cooperative learning can enhance the ability to find the formula square and rectangular area on the third grade students of SDN 6 Suwawa of Bone Bolango Gorontalo province? purpose of this study was to improve the ability to find the formula square and rectangular area on the third grade students of SDN 6 Suwawa of Bone Bolango Gorontalo province through a model of type STAD cooperative learning. The results showed that the results achieved in the implementation of the action cycle I have not showing the expected results, because the students who scored above 62 to total 17 students or 53.12%. whereas students who earn below the amount to 62 to 15 students or 46.88%. It was held again for the action to cycle II, apparently on the students who completed the second cycle is increased to 28 students or 87.5% of the number of students 32. From the results of research conducted it can be concluded that the ability to find the formula square and rectangular area can be improved through a model of type STAD cooperative learning on students' grade III Elementary School District 6 Suwawa Bone Bolango Gorontalo province. Key words: Ability, Finding, Formulas, Square, Rectangle, STAD
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011