ESSAY

Writer / NIM
HASTIN MASIONU / 151408089
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Advisor 2 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Abstract
ABSTRAK Hastin Masionu, 2012. “ Meningkatkan Kemampuan menentukan sifat-sifat bangun ruang dengan menggunkan alat peraga langsung pada siswa kelas V di SDN 6 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango”. Skripsi, Program Studi S1 PGSD, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Syamsiar Rivai, S.Pd. M.Pd dan Pembimbing II Dra. Martianty Nalole, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah dengan menggunakan alat peraga langsung kemampuan menentukan sifat-sifat bangun ruang pada siswa Kelas V SDN 6 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango akan meningkat? Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan gamabaran yang jelas tentang kemampuan menentukan sifat-sifat bangun ruang dengan menggunakan alat peraga langsung pada siswa kelas V SDN 6 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango yang berjumlah 26 orang. Berdasarkan tujuan yang ingin dicapai maka Penelitian ini menggunakan Metode Pennelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi sedangkan tehnik dalam penelitian ini dengan melakukan wawancara dan observasi untuk memperoleh data dalam rangka mendukung pelaksanaan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada Siklus I kemampuan menentukan sifat-sifat bangun ruang dengan menggunakan alata peraga langsung pada siswa kelas V SDN 6 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango hanya mencapai 46, 15% (12Orang) dari jumlah siswa sebanyak 26 orangyang memperoleh nilai ketuntasan 75 ke atas sementara pada siklus II mencapai 92,31% (24 orang). Berdasarkan hasil capaian tersebut, kemampuan siswa dalam menentukan sifat-sifat bangun ruang dalam pembelajaran dengan menggunakan alat peraga langsung meningkat sebesar 46,16% Simpulan dalam penelitian ini adalah bahwa kemampuan menentukan sifat-sifat bangu ruang dengan menggunakan alat peraga langsung pada siswa kelas V SDN 6 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango meningkat Kata kunci : Kemampuan menentukan Sifat-sifat Bangun Ruang, Alat Peraga Langsung ABSTRACT Hastin Masionu, 2012. “ To increase the students abilities to make the schema and designed by using the real teaching aids. S1 programe PGSD the teacher of elementery school Education Departement, Gorontalo State University, concelor lecture I Dra. Syamsiar Rivai, M.Pd and concelor lecture II Dra. Martianty Nalole, M.Pd The problems of the research is to see, whether the elementery students of fifth and sixth year abilities of Bulango Selatan in Bone Bolango region in making scheme and designed will encourage by using real teaching aids? The aims of this research is to get the authentic students skill in making the scheme and designed by using the real teaching aids. Based on the aims are expected, the research applying the classroom action research method. The technique of implementation are consists two (2) rounds, include planning, actions, observation and reflection, while the approach by doing asking question and observation to find real data to complete this research . The valueable of the research will be found that the fifth and sixth year students abilities to make the scheme and designed is 46,15% of 26 students They are getting 75% in level rate. The conclusion of this research finding that the students of fifth and sixth Year of elementary school of Bulango Selatan in Bone Bolango abilities to make scheme and designed by using real teaching aids will encourage Key word : the students abilities to make the sceme and designed Real teaching aids
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011