ESSAY

Writer / NIM
HELMIYANTI YUSUF / 151408091
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Advisor 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstract
ABSTRAK Helmiyanti Yusuf, 151408091 2012. Meningkatkan Kemampuan Menjumlah Bilangan Bulat Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas IV SDN 2 Pongongaila Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ismail Pioke, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd. Rumusan masalah penelitian tindakan kelas ini adalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, kemampuan menjumlah bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN 2 Pongongaila akan meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menjumlah bilangan bulat melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas IV SDN 2 Pongongaila. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada siswa kelas IV SDN 2 Pongongaila, tahun ajaran 2011/2012. Siswa yang dikenai tindakan berjumlah 23 orang. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan lembar observasi, kuis, dan dokumentasi. Setelah melakukan penelitian dengan menempuh dua siklus, maka hasil yang diperoleh dari siklus I ke siklus II memperoleh peningkatan. Pada siklus I ketuntasan sudah mengalami peningkatan meskipun belum mencapai indikator kinerja yang ditentukan. Ketuntasan siklus I adalah 65,22% atau 15 siswa yang sudah tuntas dan 34,78% atau 8 siswa yang belum tuntas. Sedangkan pada siklus II ketuntasan sudah melebihi indikator kinerja yaitu 82,61% atau 19 siswa yang tuntas dan hanya 17,39% atau 4 siswa yang belum tuntas. Simpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD kemampuan menjumlah bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN 2 Pongongaila meningkat. Kata Kunci : Keterampilan, Model, Pembelajaran, Kooperatif, dan STAD.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011