ESSAY

Writer / NIM
HENTI MOKODOMPIT / 151408093
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Advisor 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstract
ABSTRAK Henti Mokodompit. 2012. Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Masalah-Masalah Sosial Di Lingkungan Masyarakat Melalui Model STAD Pada Pembelajaran IPS Di Kelas IV SDN No. 17 Kota Barat Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Hakop Walangadi,M.Si dan Pembimbing II Samsi Pomalingo, S.Ag, MA. Permasalahan dalam penelitian ini bahwa “Apakah melalaui model STAD pemahaman siswa materi masalah-masalah sosial di lingkungan masyarakat di kelas IV SDN No. 17 Kota Barat Kota Gorontalo dapat meningkat?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi masalah-masalah sosial di lingkungan masyarakat melalui model STAD di kelas IV SDN No. 17 Kota Barat Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian yang dilaksanakan di kelas IV SDN No. 17 Kota Barat Kota Gorontalo dengan jumlah siswa 29 orang yang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 17 orang siswa perempuan yang pada siklus I menunjukkan 9 orang siswa yang memperoleh kriteria tuntas 31,03 %. Pada siklus II meningkat menjadi 26 orang siswa 89,65 % kriteria tuntas atau indikator tercapai. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan melalui model STAD dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi masalah-masalah sosial di lingkungan masyarakat pada pembelajaran IPS di kelas IV SDN No. 17 Kota Barat Kota Gorontalo. Kata Kunci: Pemahaman Siswa, Model STAD. viii
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011