ESSAY

Writer / NIM
IDA FITRIYANA / 151408100
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Advisor 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstract
ABSTRAK Ida Fitri Yana, 2012. Pendekatan Komunikatif Dalam Peningkatan Kemampuan Menyimak Pada Siswa Kelas IV SDN 17 Kota Barat. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Evi Hasim M.Pd, pembimbing II Wiwy T. Pulukadang S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pendekatan komunikatif terhadap peningkatan kemampuan menyimak pada siswa kelas IV SDN no.17 Kota Barat Kota Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa reseptif (menyimak) melalui pendekatan komunikatif pada siswa kelas IV SDN no.17 Kota Barat Kota Gorontalo. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Berdasarkan hasil pengamatan pada observasi awal terdapat 14 orang atau 48.27% siswa yang mampu sementara siswa yang tidak mampu sebanyak 15 orang atau 51.72%. Setelah dilaksanakannya penelitian, hasil data menunjukan bahwa pada pelaksanaan siklus I terdapat 22 orang atau 75.86% siswa yang mampu dan 7 orang atau 24.13% siswa yang tidak mampu. pada pelaksanaan siklus II terdapat 26 orang atau 89.65% siswa yang mampu, sementara untuk siswa yang tidak mampu sebanyak 3 orang atau 10.34% siswa. Hal ini berarti terjadi peningkatan terhadap kemampuan menyimak siswa di kelas IV SDN no.17 Kota Barat Kota Gorontalo. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa implementasi pendekatan komunikatif dapat meningkatkan kemampuan berbahasa reseptif (menyimak) pada siswa kelas IV SDN no.17 Kota Barat Kota Gorontalo. Kata kunci: Pendekatan Komunikatif, Kemampuan, Menyimak
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011