ESSAY

Writer / NIM
INAWATI LATIMBANG / 151408107
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Advisor 2 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Abstract
Inawati. Latimbang. 2012. Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran IPA Dengan Menggunakan metode eksperimen Di Kelas IV SDN 64 Kota Timur Kota Gorontalo. Tugas akhir program studi S-1 PGSD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo 2012. Pembimbing I Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Drs. Ahmad Lamusu, S.Pd. M.Pd. Hasil penelitian menunjukan bahwa keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA pada Observasi awal mencapai 52,9% atau 18 orang siswa yang aktif, Sedangakan yang belum mampu mencapai 47% atau 16 orang siswa, hal ini masih jauh dari harapan sekolah sehingga perlu ditingkatkan dengan melaksanakan tindakan yakni siklus 1 terdapat Ada 12 orang atau 35,2% yang belum tuntas hasil belajarnya dan dalam hal ini masih perlu diberi tindakan selanjutnya, dan ada 22 orang atau 64,7% yang sudah tuntas hasil belajarnya. Pada siklus II, ada 2 orang atau 5,8% yang belum tuntas hasil belajarnya, dan 32 orang atau 94.11% yang sudah tuntas hasil belajarnya. Keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan metode eksperimen meningkat setelah diadakan tindakan dari siklus 1 sampai dengan siklus II. Maka keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan metode eksperimen mengalami peningkatan yang bermakna dan dinyatakan berhasil, mencapai indikator kerja. Kata kunci : Keaktifan, Pembelajaran IPA, Metode Eksperimen.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011