ESSAY

Writer / NIM
IRAWATY HARUN / 151408111
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Advisor 2 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Abstract
ABSTRAK Irawaty Harun. 2012. “Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Pelajaran IPS Dalam Materi Memproklamasikan Kemerdekaan Melalui Model Stad Di Kelas V SDN 1 Dulomo Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo” Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo.Pembimbing I Drs.H.haris Mahmud,S.Pd,Msi dan Pembimbing II Dra.Hj.Hakop Walangadi M.Si. Permasalahan utama dalam penelitian ini yaitu Apakah dengan menggunakan model STAD, hasil belajar siswa di kelas V SDN 1 Dulomo Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo SD pada pelajaran IPS materi memproklamasikan kemerdekaan dapat meningkat?”. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman siswa pada pelajaran IPS dalam materi Memproklamasikan Kemerdekaan melalui model STAD di kelas V SDN 1 Dulomo Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi tes, observasi, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian adalah siswa V SDN 1 Dulomo Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo dengan jumlah 14 orang yang terdiri atas 8 orang siswa laki-laki dan 6 orang siswa perempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan selama dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil tes pemahaman siswa dalam memahami materi Memproklamasikan Kemerdekaan pada siklus pertama mencapai nilai rata-rata 64,18 % kemudian pada siklus kedua meningkat menjadi 71,28 %. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Pemahaman Siswa Pada Pelajaran IPS dalam materi memproklamasikan kemerdekaan dalam pembelajaran IPS dapat ditingkatkan menggunakan model STAD. Kata Kunci: Pemahaman dan Model STAD.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011