ESSAY

Writer / NIM
IRMA ALAMRI / 151408112
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Advisor 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstract
ABSTRAK Irma Alamri. 151 408 112. Meningkatkan Kemampuan Menghitung Jumlah Ukuran Sudut Dalam Segitiga Melalui Model Kooperatif Tipe Make A Mach Pada Siswa Kelas III SDN No. 29 Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Martianty Nalole, M.Pd dan pembimbing II Dra. Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah kemampuan siswa pada materi menghitung jumlah ukuran sudut dalam segitiga masih rendah, Sebagian besar siswa tidak dapat menyelesaikan soal-soal tentang materi menghitung jumlah ukuran sudut dalam segitiga. Dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menghitung jumlah ukuran sudut dalam segitiga dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match pada siswa kelas III SDN No. 29 Kota Selatan Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus di kelas III SDN No. 29 Kota Selatan Kota Gorontalo. Tehnik Pengumpulan data dalam penelitian ini berupa lembar observasi aktivitas guru dan siswa, tes serta dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, proses pembelajaran menghitung jumlah ukuran sudut dalam segitiga melalui pembelajaran model kooperatif tipe Make A Mach di kelas III SDN No. 29 Kota Selatan Kota Gorontalo adalah dengan mengelompokkan siswa menjadi 5 kelompok, memberi mereka permasalahan untuk dicari jawabannya bersama teman kelompok, Setelah itu mereka diminta untuk mempresentasikan hasil jawaban mereka di depan kelas. Pembelajaran dengan menggunakan tipe Make A Mach dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menghitung jumlah ukuran sudut dalam segitiga, hal ini ditunjukkan dengan ketuntasan yang diperoleh siswa sebelum menggunakan pembelajaran model kooperatif tipe Make A Mach hanya sejumlah 7 orang atau ketuntasan sebesar 33.33%, pada siklus I meningkat menjadi sejumlah 15 orang atau ketuntasan sebesar 71.42% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 18 orang atau ketuntasan sebesar 85.71%. Dari hasil penbelitian maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Model pembelajaran kooperatif tipe Make A Mach kemampuan menghitung jumlah ukuran sudut dalam segitiga pada siswa kelas III SDN No. 29 Kota Selatan Kota Gorontalo akan meningkat. Kata Kunci: Model Kooperatif Tipe Make A Mach, Kemampuan Menghitung Ukuran Sudut dalam Segitiga,
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011