ESSAY

Writer / NIM
IRVAN MOHAMAD / 151408115
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Advisor 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstract
ABSTRAK Irvan Mohamad, 2012. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam mempelajari Tokoh-tokoh Pergerakan Nasional pada Mata Pelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Jigsaw di Kelas V di SDN 27 Dungingi Kota Gorontalo. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dra. Elmia Umar, M.Pd, dan Pembimbing II, Samsi Pomalingo, S.Ag, M.A. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mempelajari tokoh-tokoh pergerakan Nasional pada mata pelajaran IPS Kelas V di SDN 27 Dungingi Kota Gorontalo melalui model pembelajaran Jigsaw. Permasalahan yang peneliti angkat dalam penelitian ini adalah Apakah motivasi belajar siswa tentang materi tokoh-tokoh pergerakan Nasional pada mata pelajaran IPS Kelas VI di SDN 27 Dungingi Kota Gorontalo dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran Jigsaw? Untuk mendapatkan jawaban terhadap permasalahan di atas, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas pada siswa Kelas V di SDN 27 Dungingi Kota Gorontalo yang jumlah siswanya 15 orang, dengan sistem pembahasan dalam bentuk dua siklus. Kekurangan atau ketidaktuntasan pada siklus sebelumnya telah dibahas pada siklus selanjutnya. Dari hasil kegiatan melalui pengamatan yang dilaksanakan dalam dua siklus tersebut terlihat bahwa telah terjadi peningkatan motivasi belajar siswa Kelas V di SDN 27 Dungingi Kota Gorontalo dalam mempelajari materi tentang tokoh-tokoh pergerakan Nasional pada mata pelajaran IPS melalui model pembelajaran Jigsaw. Peningkatan tersebut dicapai secara bertahap yaitu; pada observasi awal kemampuan motivasi belajarnya hanya 33 % atau 5 orang siswa, pada siklus I motivasi belajarnya mengalami peningkatan hingga mencapai 60 % atau 9 orang siswa, dan pada tindakan siklus II sebagai akhir dari penelitian ini motivasi belajarnya meningkat menjadi 87 % atau 13 orang siswa. Dengan demikian, model pembelajaran Jigsaw sangat efektif dan menjadi pilihan utama bagi guru dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa Kelas V di SDN 27 Dungingi Kota Gorontalo untuk mempelajari materi tentang tokoh-tokoh pergerakan Nasional pada mata pelajaran IPS. Sebagai implikasi atau saran dalam penelitian ini adalah diharapkan kepada guru SDN 27 Dungingi Kota Gorontalo pada umumnya untuk dapat mengoptimalkan pelaksanaan model pembelajaran Jigsaw dalam upaya meningkatkankan motivasi belajar siswa. Di samping itu, diharapkan kepada pihak-pihak terkait untuk memberikan dukungan dalam setiap pelaksanaan tindakan kelas demi perbaikan mutu pendidikan secara multi kompleks. Kata Kunci: Motivasi Belajar Siswa, Tokoh-tokoh Pergerakan Nasional, Model Pembelajaran Jigsaw.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011