ESSAY

Writer / NIM
ISRAN T. APIA / 151408117
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Advisor 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstract
ABSTRAK Isran T. Apia. 2012. “ Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Perpindahan Energi Panas Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Metode Eksperimen”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Gorontalo. Dibimbing oleh Drs. Ahmad Lamusu, S.Pd. M.Pd dan Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd. M.Pd selaku pembimbing I dan pembimbing II Penelitian Ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada semester genap yang pelaksanannya hanya dilakukan I siklus 1 kali pertemuan. Materi Perpindahan energi panas dengan mengunakan metode eksperimen. Berdasarkan prosedur tindakan, maka analisis data dalam pengujian hipotesis tindakan dilaksanakan dengan teknik prosentase yang diambil dari akhir siklus. Indikator kinerja yang hendak dicapai yaitu minimal 80% siswa yang dikenai tindakan memperoleh nilai 65 keatas dan kegiatan belajar mengajar yang dinilai melalui lembar observasi minimal mencapai 80% kriteria baik sekali dan baik. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Siswa yang memperoleh nilai 65 keatas 83%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perpindahan energi panas. Kata Kunci : Pembelajaran Metode Eksperimen
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011