ESSAY

Writer / NIM
LILI HAMID / 151408125
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Advisor 2 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Abstract
ABSTRAK Lili Hamid, Nim 151408125, 2012. Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Perkalian yang Hasilnya Bilangan Tiga Angka Melalui Metode Inquiri Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Syamsiar Rivai S,Pd M.Pd dan Pembimbing II Dra. Martianty Nalole M.Pd. Rumusan masalah penelitian tindakan kelas ini adalah apakah dengan menggunakan metode Inquiri, kemampuan dalam menyelesaikan soal cerita perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka pada siswa kelas III SDN I Tridharma akan meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas III SDN I Tridharma dalam menyelesaikan soal cerita perkalian melalui metode inquiri. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada siswa kelas III SDN I Tridharma, tahun ajaran 2011/2012. Siswa yang dikenai tindakan berjumlah 21 orang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan lembar observasi, tes, dan dokumentasi serta kuantitiatif dengan penskoran atau presentase capaian. Setelah melakukan penelitian dengan menempuh dua siklus, maka hasil yang diperoleh dari siklus I ke siklus II memperoleh peningkatan. Dari hasil observasi awal presentase ketuntasan pada materi ini adalah 38.10 % atau 8 siswa yang tuntas dan 61.90% atau 13 siswa yang tidak tuntas. Pada siklus I presentase ketuntasan sudah mengalami peningkatan meskipun belum mencapai indikator kinerja yang ditentukan. Presentase ketuntasan siklus I adalah 47.62% atau 10 siswa yang sudah tuntas dan 52.38 % atau 11 siswa yang belum tuntas. Sedangkan pada siklus II presentase ketuntasan sudah melebihi indikator kinerja yaitu 90.48% atau 19 siswa yang tuntas dan hanya 9.52% atau 2 siswa yang belum tuntas. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode inquri, kemampuan dalam menyelesaikan soal cerita perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka pada siswa kelas III SDN I Tridharma kecamatan Pulubala, meningkat. Kata Kunci : Kemampuan, soal cerita, dan Metode inquiri
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011