ESSAY

Writer / NIM
LUSRINA MOKOAGOW / 151408131
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Advisor 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstract
ABSTRAK Lusrina Mokoagow. 2012. Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Nyaring Melalui Kata Frasa dan Kalimat Sederhana Di Kelas V SDN 83 Kota Tengah Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Hj. Sumarni Mohammad, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Ratnarti Pahrun, S.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan kata frasa dan kalimat sederhana dapat meningkatkan kemampuan siswa membaca nyaring dalam pelajaran bahasa Indonesia kelas V di SDN 83 Kota Tengah Kota Gorontalo? Tujuan penelitiannya adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa membaca nyaring melalui kata frasa dan kalimat sederhana di kelas V SDN 83 Kota Tengah Kota Gorontalo khususnya pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas ( PTK). Langkah dalam penelitian ini yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan dan evaluasi, tahap analisis dan refleksi. Adapun hasil penelitian tindakan kelas pada pembelajaran siklus I belum sesuai dengan indikator kinerja dimana kemampuan siswa pada siklus I menunjukkan bahwa dari 32 orang siswa, Hanya 18 orang siswa yang mampu membaca nyaring atau 56,25%, dan 14 siswa atau 43,75% yang belum mampu membaca nyaring, berdasarkan penelitian ini maka peneliti melanjutkan ke siklus II, dan pembelajaran siklus II meningkat dimana 28 siswa atau 87,5% yang sudah mampu membaca nyaring dan 4 siswa atau 12,5% yang belum mampu membaca nyaring. Dari hasil penelitian tindakan yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui kata frasa dan kalimat sederhana dapat meningkatkan kemampuan membaca nyaring siswa di kelas V SDN 83 Kota Tengah Kota Gorontalo. Kata Kunci : Membaca Nyaring, Kata Frasa dan Kalimat Sederhana.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011