ESSAY

Writer / NIM
MARYAWATI BADJUKA / 151408137
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Advisor 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstract
ABSTRAK Maryawati Badjuka. NIM. 151 408 137 Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gaya Gravitasi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Di Kelas V SDN No. 85 Kota Tengah Kota Gorontalo. Skripsi. Program Studi S-I Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Drs. Ahmad Lamusu, S.Pd, M.Pd Pembimbing II Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd, M.Pd. Permasalahan dari penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD hasil belajar siswa pada materi gaya gravitasi dapat meningkat? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi gaya gravitasi melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu penelitian melakukan pelaksanaan tindakan untuk mendapatkan hasil penelitian. Dalam proses belajar mengajar khususnya pada materi gaya gravitasi secara efektif diperlukan model atau pendekatan yang tepat untuk mencapai hasil yang optimal. Berdasarkan hasil penelitian dan observasi diperoleh data pada observasi Awal dari jumlah 24 orang siswa han ya 11 orang siswa yang memiliki hasil belajar atau sebesar 45,83 %. Pada siklus I hal ini mengalami peningkatan menjadi 16 siswa atau 66,66%. Pada siklus II jumlah ini mengalami peningkatan menjadi 22 orang siswa atau 91,66% yang ada di kelas V SDN No.85 Kota Tengah Kota Gorontalo. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD hasil belajar siswa pada materi gaya gravitasi di kelas V SDN No.85 Kota Tengah Kota Gorontalo dapat ditingkatkan. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gaya Gravitasi, Model STAD.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011