ESSAY

Writer / NIM
MASLINDA M. NAILU / 151408138
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Advisor 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstract
ABSTRAK Maslinda M. Nailu, 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pesawat Sederhana Khususnya Katrol Melalui Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas V SDN No. 17 Kota Barat Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Drs. Ahmad Lamusu S.Pd M.Pd, dan Pembimbing II : Drs. Djotin Mokoginta S.Pd M.Pd. Masalah pokok dalam penelitian tindakan kelas ini, yakni rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pada materi pesawat sederhana khususnya katrol. Dengan tujuan utama penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pesawat sederhana khususnya katrol melalui metode eksperimen. Bertitik tolak dari rumusan masalah diatas maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Apakah hasil belajar siswa terhadap materi pesawat sederhana khususnya katrol di kelas V SDN No. 17 Kota Barat Kota Gorontalo dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode eksperimen ?”. Pada SIKLUS I : siswa yang memperoleh nilai 75 keatas ada 28 orang atau sekitar 80 % dari 35 orang siswa. Sedangkan yang memperoleh nilai 75 kebawah sekitar 7 orang atau sekitar 20 %. Dengan demikian perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya karena belum memenuhi indikator kinerja yang telah ditetapkan. Pada SIKLUS II : siswa yang memperoleh nilai 75 keatas ada 33 orang atau sekitar 94 %, dan 2 orang siswa atau sekitar 6 % belum tuntas. Dengan demikian peneliti tidak melanjutkan pada siklus berikutnya karena telah memenuhi indikator kinerja yang telah ditetapkan yakni 85 %. Jadi pelaksanaan tindakan Siklus I dan Siklus II terdapat peningkatan pada hasil belajar siswa dengan menggunakan metode eksperimen. Dengan demikian hipotesis tindakan yang telah dirumuskan yakni “Jika dalam pembelajaran IPA menggunakan metode eksperimen maka hasil belajar siswa terhadap materi pesawat sederhana khususnya katrol akan meningkat. Telah teruji dengan benar dan dapat diterima. Kata Kunci : Hasil Belajar, Katrol, Metode Eksperimen ABSTRACT Maslinda M. Nailu, 2012. Improving students study result toward simple plane matter especially catrol through Experiment Method class V at Elementary School No. 17 Kota Barat Gorontalo City. Skripsi. Education Departement teacher of elementary school education science faculty Gorontalo State University. Advisor I : Drs. Ahmad Lamusu, S.Pd. M.Pd, and advisor II : Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd M.Pd. The problem in this class action research that the low students study result on IPA subject simple plane matter especially catrol. The goal of this research was to improve students study result toward simple plane matter especially catrol through experiment method. Based on the problem above so this research has a goal “ What are the students study result toward simple plane matter especially catrol on class V at elementary school No. 17 Kota Barat Gorontalo City could be improve with using experiment method ?”. In siclus I : the students have value up 75, 28 students or 80 % from 35 students, viceversa under 75, 7 students or 20 %, so go on in the next siclus cause it was not fulfill indicator which decided. In siclus II : the students have value up 75, 33 students or 94 % and 2 students have value under 75 or 6 % so the researcher couldn’t go the next siclus cause fulfilled indicator was 85 %. Based on the siclus I and siclus II have improve students study result with using experiment method so hypothesis action could be formulate that “ If learning IPA with using experiment method so the students study result toward simple plane matter especially catrol will be improve. Key word : Study Result, Catrol, Experiment Method.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011