ESSAY

Writer / NIM
MASTIN DIMUTULO / 151408141
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Advisor 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstract
MASTIN DIMUTULO. NIM. 151 408 041. Meningkatkan pemahaman siswa pada pelajaran PKn dengan model Out And In Cycle di Kelas 4 MIM Tapadaa Biyonga Kabupaten Gorontalo. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1. Dra. Elmia Umar, M.Pd dan Pembimbing 2. Samsi Pomalingo, S.Ag, M.A Permasalahan yang ada di MIM Tapadaa Biyonga Kabupaten Gorontalo adalah rendahnya pemahaman siswa pada pelajaran PKn. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa pada pelajaran PKn dengan model Out And In Cycle di Kelas 4 MIM Tapadaa Biyonga Kabupaten Gorontalo Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Metode ini digunakan dengan maksud untuk memberikan gambaran terhadap keadaan peningkatan pemahaman siswa pada pelajaran PKn dengan model Out And In Cycle di Kelas 4 MIM Tapadaa Biyonga Kabupaten Gorontalo Dari hasil penelitian dapat digambarkan bahwa peningkatan pemahaman siswa pada pelajaran PKn dengan model Out And In Cycle, di mana pada observasi awal kemampuan membaca siswa 47.6% meningkat menjadi 66% pada siklus I, 83% pada siklus II. Melihat keberhasilan pada penelitian ini, maka dengan demikian dapat disimpulkan bahwa “Jika guru menggunakan model Out And In Cycle, maka pemahaman siswa pada pelajaran PKN di kelas 4 MIM Tapadaa Biyongan Kabupaten Gorontalo akan meningkat, dapat diterima”. Kata Kunci : Pemahaman Siswa, Model Out and In Cycle
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011