ESSAY

Writer / NIM
MEGAWATI MOKOAGOW / 151408143
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Advisor 2 / NIDN
Dra PERTIWI LABORO, M.Pd / 0011125404
Abstract
ABSTRAK Megawati Mokoagow. 2012. Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Model Make A Match pada siswa kelas II SDN No 28 Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Wiwy Triyanty Pulukadang S.Pd M.Pd dan pembimbing II Dra. Hj. Pertiwi Laboro M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini yakni: Apakah dengan menggunakan model Make A Match dapat meningkatkan kemampuan siswa membaca permuaan di kelas II SDN No 28 Kota Selatan Kota Gorontalo? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui model Make A Match pada siswa kelas II SDN No 28 Kota Selatan Kota Gorontalo. Berdasarkan pengertian membaca melalui model Make A Match, maka metode penelitian ini adalah metode deskriptif yaitu menggambarkan apa adanya dengan teknik analis data secara kualitatif tentang observasi dan wawancara dan analis data secara kuantitatif yakni memberikan ceklis , nilai, dijumlahkan dan dipresentasekan untuk mencari rata-rata. Hasil penelitian tindakan yang dianalisis berdasarkan siklus I dan siklus II telah menjadi peningkatan yakni dari 59,09% meningkat menjadi 90%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui model Make A Match kemampuan siswa membaca permulaan pada siswa kelas II SDN No.28 Kota Selatan Kota Gorontalo meningkat. Kata Kunci: Kemampuan, Membaca Permulaan, Model Make A Match
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011