ESSAY

Writer / NIM
MOHAMAD RIZAL MA'ARUF / 151408159
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Advisor 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstract
Rizal Ma’ruf, 2012. Meningkatkan Kemampuan Siswa Meringkas Cerita Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Di Kelas V SDN 28 Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontao, Tahun 2012. Pembimbing I Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd dan Pembimbing II Hj. Sumarni Mohamad, S.Pd, M.Pd. Masalah dalam penelitian ini dirumuskan “ Apakah kemampuan siswa meringkas cerita akan meningkat dengan menggunakan model pembelajaran tipe STAD ?’’. Tujuan penelitian ini untuk Meningkatkan Kemampuan Meringkas Cerita Dengan Menggunakan Model Pemblajaran Kooperatif Tipe STAD Di Kelas V SDN 28 Kota Selatan Kota Gorontalo. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diperoleh hasil penilaian pada siklus I tentang kemampuan meringkas cerita siswa kelas V SDN 28 Kota Selatan Kota Gorontalo dalam pembelajaran bahasa Indonesia hanya mencapai 68,33% dari jumlah siswa 23 orang. Sementara pada siklus II mencapai 84,33% dari jumlah siswa 23 orang. Berdasarkan hasil capaian tersebut, kemampuan meringks cerita dalam pembelajaran bahasa Indonesia melalui kooperatif tipe STAD meningkat 15,00%. Dapat disimpulkan bahwa siswa kelas V SDN 28 Kota Selatan Kota Gorontalo dalam kemampuan meringkas cerita dapat ditingkatkan dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD. Kata Kunci : Meringkas, kooperatif Tipe STAD.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011