ESSAY

Writer / NIM
NIRMAYANTI I. TALALU / 151408170
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Advisor 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstract
Nirmayanti I. Talalu. NIM. 151 408 170. Meningkatkan Pemahaman Siswa Melalui Model Group investigation Pada Materi Jenis - Jenis Pekerjaan di kelas III SDN 1 Ilomangga Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Gorontalo Jurusan PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, 2012. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan Model Group investigation dapat meningkatkan pemahaman siswa Pada Materi Jenis - Jenis Pekerjaan di kelas III SDN 1 Ilomangga Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo. Tujuan penelitian untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang Materi Jenis – Jenis pekerjaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas untuk memberikan gambaran terhadap keadaan peningkatan pemahaman siswa terhadap Materi Jenis – Jenis pekerjaan. Data-data dikumpulkan melalui lembar observasi berupa lembar pengamatan kegiatan siswa, dan teks evaluasi belajar siswa untuk mengukur tingkat pemahaman siswa dan kebehasilan penelitian. Hasil penelitian siklus I dari 23 orang siswa di peroleh 13 orang siswa yang tuntas dengan prosentase 56.52 % dan 10 orang siswa yang belum tuntas atau 43.48 %. Kemudian pada siklus II pemahaman siswa meningkat menjadi 21 orang siswa yang tuntas dengan prosentase 91.30 %. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah dengan menggunakan Model Group investigation pada materi jenis-jenis pekerjaan, pemahaman Siswa kelas III SDN 1 Ilomangga Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo meningkat. Kata kunci : Pemahaman, Jenis-Jenis Pekerjaan, Model Group investigation.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011