ESSAY

Writer / NIM
NOFYANTI SALEH / 151408180
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Advisor 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstract
Nofyanti Saleh, 151408180, 2012. Meningkatkan Kemampuan Mengubah Bilangan Asli Ke Bilangan Romawi Melalui Model Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas IV SDN 2 Suwawa Selatan Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo. Skripsi, Program Studi SI PGSD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Martianty Nalole, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Samsiar RivaI, S.Pd, M.Pd. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD kemampuan siswa dalam mengubah bilangan asli ke bilangan romawi dapat meningkat?”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengubah bilangan asli ke bilangan romawi melalui model kooperatif tipe STAD pada siswa kelas IV SDN 2 Suwawa Selatan Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodepenelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian tindakan kelas menunujukan untuk siklus I yaitu terdapat 7 siswa atau 38,89% yang mampu mengubah bilangan asli ke bilangan romawi dan 11 siswa atau 61,11% belum mampu mengubah bilangan asli ke bilangan romawi, namun pada siklus II meningkat menjadi 16 siswa atau 88,89% yang mampu mengubah bilangan asli ke bilangan romawi dan hanya 2 siswa atau 11,11% yang belum mampu mengubah bilangan asli ke bilangan romawi. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan kemampuan mengubah bilangan asli ke bilangan romawi pada siswa kelas IV SDN 2 Suwawa Selatan Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo. Kata kunci : Kemampuan mengubah bilangan asli kebilangan romawi, model kooperatif tipe STAD.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011