ESSAY

Writer / NIM
NOVRIANTO HASBI / 151408181
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Advisor 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstract
ABSTRAK Novrianto Hasbi, 2015. "Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas VI SD Al Huda Kota Selatan Kota Gorontalo". Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Djotin Mokoginta, S.Pd.M.Pd, Pembimbing II: Meylan Saleh, S.Pd. M.Pd Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe STAD Pada mata pelajaran IPA di kelas VI SD Al Huda Kota Selatan Kota Gorontalo? Tujuan yang diharapkan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran IPA di kelas VI SD Al Huda Kota Selatan Kota Gorontalo, dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini merupakan data yang di dapatkan dari hasil wawancara dengan narasumber dimana dalam penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD mempunyai efek terhadap keberhasilan siswa. Hal ini ditunjukkan dengan antusias siswa dalam belajar kelompok. Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe STAD, sangatlah menunjang bagi keberhasilan siswa dalam belajar. Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe STAD merupakan solusi untuk mencapai sasaran pembelajaran yang memuaskan. Maka dari itu analisis hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan efefktivitas model pembelajaran kooperatif tipe STAD memungkinkan siswa belajar dengan aktif sehingga hasil belajar di kelas VI SD Alhuda Kota Selatan Kota Gorontalo dapat tercapai. Kata Kunci: Efektivitas, Kooperatif Tipe STAD
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011