ESSAY

Writer / NIM
NURAIN INDRI ISMAIL / 151408185
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Advisor 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstract
ABSTRAK Nurain Indri Ismail. NIM. 151408185. 2012. “Meningkatkan Pemahaman Konsep Segi Empat Dengan Menggunakan Alat Peraga Papan Berpetak Pada Siswa Kelas I SDN No 28 Kota Selatan Kota Gorontalo”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Ismail Pioke, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Samsiar RivaI, S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan alat peraga papan berpetak pemahaman konsep segi empat siswa kelas I SDN No 28 Kota Selatan Kota Gorontalo meningkat?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep bangun empat dengan menggunakan alat peraga papan berpetak pada siswa kelas I SDN No 28 Kota Selatan Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Metode ini dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman konsep bangun datar segi empat dengan menggunakan alat peraga papan berpetak yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 28 Kota Selatan Kota Gorontalo dengan karakteristik subjek penelitian adalah siswa kelas I dengan jumlah siswa 22 orang yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Dari hasil penelitian pada pembelajaran siklus I diperoleh data, dari 22 orang siswa yang dikenai tindakan hanya 12 orang siswa atau 54,53% yang memperoleh nilai 65 ke atas sedangkan pada siklus II meningkat dimana siswa yang memperoleh nilai 65 ke atas berjumlah 21 orang siswa atau 95,43% Dari hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan maka penulis menyimpulkan bahwa dengan menggunakan alat peraga papan berpetak pemahaman konsep segi empat siswa kelas I SDN No 28 Kota Selatan Kota Gorontalo meningkat. Kata kunci: Pemahaman, Bangun Datar Segi Empat, Alat Peraga Papan Berpetak
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011