ESSAY

Writer / NIM
NURHAYATI AYUBA / 151408188
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Advisor 2 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Abstract
Nurhayati Ayuba. 2012. Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Keterampilan Berbicara Di Kelas III SDN 3 Botumoputi Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd. M.Pd dan pembimbing II Drs. H. Haris Mahmud, S.Pd. M.Si. Permasalahan utama dalam penelitian ini yaitu “Apakah minat belajar siswa melalui keterampilan berbicara di kelas III SDN 3 Botumoputi Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo dapat meningkat?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa melalui keterampilan berbicara di kelas III SDN 3 Botumoputi Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun subyek penelitian adalah siswa kelas III SDN 3 Botumoputi Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo sebanyak 17 orang dengan 10 laki-laki dan 7 perempuan. Penelitian ini dilakukan selama dua siklus. Hasil penelitian mengenai minat belajar siswa melalui keterampilan berbicara yaitu; (1) Jumlah siswa yang mampu mengungkapkan pendapat dan perasaan pada siklus I sebanyak 10 orang (58,82 %) kemudian pada siklus II meningkat menjadi 12 orang (70,59 %); (2) Jumlah siswa yang tepat dalam pengucapan/pelafalan pada siklus I sebanyak 11 orang (64,71 %) kemudian pada siklus II meningkat menjadi 13 orang (76,47 %); (3) Jumlah siswa yang tepat dalam mengungkapan kata pada siklus I sebanyak 10 orang (58,82 %) kemudian pada siklus II meningkat menjadi 14 orang (82,35 %); (4) Jumlah siswa yang lancar/berani dalam berbicara pada siklus I sebanyak 9 orang (52,94 %) kemudian pada siklus II meningkat menjadi 15 orang (88,24 %); (5) Jumlah siswa yang perhatian pada siklus I sebanyak 10 orang (52,94 %) kemudian pada siklus II meningkat menjadi 16 orang (94,12 %); dan (6) Jumlah siswa yang aktif berbicara pada siklus I sebanyak 11 orang (52,94 %) kemudian pada siklus II meningkat menjadi 14 orang (82,45 %). Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa minat belajar siswa dapat ditingkatkan melalui keterampilan bicara siswa.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011