ESSAY

Writer / NIM
NURMILAN PULUMODUYO / 151408190
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Advisor 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstract
vii ABSTRAK Nurmilan Pulumoduyo. 2012. NIM 151 408 190. Meningkatkan pemahaman siswa mengenal perkembangan teknologi produksi dengan menggunakan model JIGSAW pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN No. 17 Kota Barat Kota Gorontalo. Skripsi. Program Studi SI Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si dan pembimbing II Nurhayati Tine S.Pd.I.M.H.I. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah dengan menggunakan model JIGSAW, pemahaman siswa mengenal perkembangan teknologi produksi pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN No. 17 Kota Barat Kota Gorontalo. Jenis penelitian tindakan ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I terdapat 19 siswa atau 66% siswa yang sudah memahami perkembangan teknologi produksi pada aspek kerja sama. Ini berarti belum mencapai indikator kinerja yakni 76% sehingga diadakan tindak lanjut ke siklus II. PADA Siklus II terdapat 24 siswa atau 83% yang sudah memahami perkembangan teknologi produksi pada aspek kerjasama. Dengan demikian indikator kinerja telah tercapai dan pembelajaran dianggap tuntas. Disimpulkan bahwa model JIGSAW meningkatkan pemahaman siswa mengenal perkembangan teknologi produksi pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN No. 17 Kota Barat Kota Gorontalo. Kata Kunci : Pemahaman Siswa Mengenal perkembangan teknologi produksi dengan menggunakan model JIGSAW
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011