ESSAY

Writer / NIM
NURMIN LADERI / 151408191
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Advisor 2 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Abstract
ABSTRAK NURMIN LADERI 2012. “Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Penjumlahan dan Pengurangan pecahan desimal Melalui Model Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 3 Tabongo Timur. Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo”. Skripsi Program SI PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dra. Samsiar RivaI S.Pd M.Pd dan pembimbing II Dra. Martianty Nalole M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah kemampuan menyelesaikan penjumlahan dan pengurangan pecahan desimal dapat meningkat melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) pada siswa Kelas V SDN 3 Tabongo Timur. Kec Tabongo” Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan penjumlahan dan pengurangan pecahan desimal melalui model kooperatif tipe Team Games Tournament pada siswa kelas V SDN 3 Tabongo Timur Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan materi penjumlahan dan pengurangan pecahan desimal melalui model kooperatif tipe Team Games Tournament. Hasil penelitian siklus I menunjukkan bahwa kemampuan menyelesaikan penjumlahan dan pengurangan pecahan desimal pada siswa kelas V SDN 3 Tabongo Timur. Kecamatan Tabongo meningkat dengan menggunakan model kooperatif tipe Team Games Tournament dengan siswa yang memperoleh nilai 75 ke atas sebanyak 13 orang dengan presentase 81,2% yang telah mampu menyelesaikan penjumlahan pecahan desimal dan siswa yang belum mampu sebanyak 3 orang dengan presentase 18,8% dari jumlah siswa sebanyak 16 orang. Dilanjutkan pada pelaksanaan tindakan siklus II pada materi pengurangan pecahan desimal dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament, diperoleh data 1 siswa dengan presentase 6,3% yang belum mampu menyelesaikan pengurangan pecahan desimal dan 15 siswa dengan presentase 93,7% yang telah mampu menyelesaikan pengurangan pecahan desimal dari jumlah siswa 16 orang dengan daya serap 80% . Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model kooperatif tipe team games tournament pada penjumlahan dan pengurangan pecahan desimal pada siswa kelas V SDN 3 Tabongo Timur Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo meningkat. Kata kunci : Penjumlahan, Pengurangan, Pecahan Desimal, dan Model Kooperatif Tipe Team Games Tournament
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011