ESSAY

Writer / NIM
OLAN RAZAK / 151408196
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Advisor 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstract
ABSTRAK Olan Razak. Nim 151408196. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Peristiwa Alam Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di Kelas V SDN 30 Kota Selatan Kota Gorontalo, skripsi program SI PGSD Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI S.Pd, M.Pd. Pembimbing II Drs. Djotin Mokoginta S.Pd, M.Pd. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas V SDN 30 Kota Selatan Kota Gorontalo. Subjek penelitian ini adalah satu kelas, yaitu kelas V dengan jumlah siswa 21 orang yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 8 orang perempuan. Pelaksanaan tindakan dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan dan evaluasi, dan tahap analisis dan refleksi. Masalah dalam penelitian ini adalah: “Apakah model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi peristiwa alam dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SDN 30 Kota Selatan Kota Gorontalo?” sedangkan tujuan penelitian adalah untuk mengetahui seberapa besar hasil belajar siswa pada materi peristiwa alam melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas V SDN 30 Kota Selatan Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I skor yang diperoleh siswa hanya 38,09% atau hanya 8 orang siswa yang mencapai ketuntasan dan yang belum mencapai ketuntasan 13 orang siswa, dan daya serap yang diperoleh siswa hanya 66,66%. Sedangkan pada siklus II skor yang diperoleh siswa adalah 90% dengan siswa yang tuntas 19 orang siswa dan yang tidak tuntas hanya 2 orang siswa dengan jumlah 21 siswa, dan daya serap yang diperoleh adalah 90,23%. Ini berarti bahwa penelitian yang dilaksanakan dinyatakan berhasil sesuai dengan indikator kinerja yang telah ditetapkan yaitu pembelajaran dianggap tuntas apabila minimal 75% atau 19 dari 21 jumlah siswa memperoleh nilai 75 ke atas atau minimal 75 sesuai dengan KKM dengan daya serap yang diperoleh siswa minimal 75%. Dari hasil analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan mdelpembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas V SDN 30 Kota Selatan Kota Gorontalo pada materi peristiwa alam dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara efektif. Kata kunci: Hasil belajar, model pembelajaran, kooperatif tipe STAD. AD'S type.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011