ESSAY

Writer / NIM
RIANTI ABAS / 151408213
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Advisor 2 / NIDN
Dra PERTIWI LABORO, M.Pd / 0011125404
Abstract
ABSTRAK Rianti Abas. 2012. Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together Pada Siswa Kelas II SDN 3 Kayubulan Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Program Studi S-1 PGSD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Dajani Suleman, M.Hum. Pembimbing II Dra. Hj. Pertiwi Laboro, M.Pd. Masalah penelitian ini apakah kemampuan membaca nyaring dapat ditingkatkan melalui penerapan model Numbered Head Together di kelas II SD? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca nyaring melalui penerapan model Numbered Head Together di kelas II SD. Adapun metode penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, bahwa kemampuan membaca nyaring siswa melalui penggunaan model pembelajaran NHT di kelas II SD sudah baik. Hal ini terbukti dengan adanya hasil tes akhir yang dilaksanakan peneliti yaitu siswa yang memperoleh nilai di atas 70 sebanyak 18 orang dengan persentase sebesar 75% dari jumlah siswa 24 orang, siswa yang memperoleh nilai di bawah 70 sebanyak 6 orang atau 25%. Dengan demikian kemampuan membaca nyaring siswa dikatakan baik karena telah memenuhi syarat standar yang telah ditetapkan oleh peneliti yakni dikatakan mampu apabila daya serap siswa mencapai 70% dari jumlah siswa. Sesuai dengan hasil analisis data yang diolah secara kualitatif maka dapat disimpulkan bahwa Kemampuan membaca nyaring melalui model pembelajaran numbered head together pada siswa Kelas II SDN 3 Kayubulan Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo adalah baik. Kata kunci : membaca nyaring, numbered head together
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011