ESSAY

Writer / NIM
RUSTAM JUMA / 151408230
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Advisor 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstract
ABSTRAK Rustam Juma. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pengaruh Perubahan Lingkungan Fisik Terhadap Daratan Dan Pencegahannya Melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD di kelas IV SDN No. 17 Kota Barat Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (SI-PGSD), Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Ahmad Lamusu, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2012/2013, dengan jumlah siswa 29 orang yang terdiri dari laki-laki 17 orang dan perempuan terdiri dari 12 orang. Penelitian ini di awali dengan observasi awal, observasi awal menunjukkan dari 29 siswa terdapat 16 siswa atau 55,17% yang mencapai nilai 70 ke atas dan 13 orang atau 44,83% yang mencapai nilai 70 ke bawah. Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pada siklus I hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, siswa memperoleh nilai 70 ke atas yaitu 21 siswa atau 72,41% sedangkan yang memperoleh nilai 70 ke bawah 8 siswa atau 27,59%. Pada siklus II mencapai 93,10% atau naik 20,69% sedangkan yang belum tuntas hanya 2 siswa atau 6,9% atau turun 20,69% pada siklus sebelumnya. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada materi pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan dan pencegahannya melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD meningkatkan hasil belajar siswa, dengan demikian hipotesis pada penelitian ini diterima dan model pembelajaran ini dapat digunakan untuk materi-materi lainnya yang sesuai. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa dan Pembelajaran Kooperatif tipe STAD
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011