Writer / NIM
SALMA LATIF / 151408233
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Advisor 2 / NIDN
Dra PERTIWI LABORO, M.Pd / 0011125404
Abstract
Salma Latif. 2012. Skripsi. “ Meningkatkan Kemampuan Siswa Mengungkapkan Isi Karangan Melalui Pendekatan Keterampilan Proses di Kelas IV SDN No. 30 Kota Selatan Kota Gorontalo”. Program Studi SI PGSD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Dra. Dajani Suleman, M.Hum, M.Pd dan Pembimbing II. Dra. Hj. Pertiwi Laboro, M.Pd.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah “Apakah dengan menerapkan pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengungkapkan isi karangan di kelas IV SDN No. 30 Kota Selatan Kota Gorontalo ?” Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa mengungkapkan isi karangan dengan menerapkan pendekatan keterampilan proses pada siswa kelas IV SDN 30 Kota Selatan Kota Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN No. 30 Kota Selatan Kota Gorontalo dengan jumlah siswa 24 orang yang terdiri 9 orang laki-laki dan 15 orang perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa mengungkapkan isi karangan dapat ditingkatkan melalui pendekatan keterampilan proses. Pada siklus I memperoleh kriteria mampu 37,5 %, kurang mampu 33,33 % dan tidak mampu 29,16 %. Pada siklus II terjadi peningkatan yakni kriteria mampu 83,33 %, kriteria kurang mampu 12,5 % dan tidak mampu 4,16 %.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan kemampuan siswa mengungkapkan isi karangan dalam pembelajaran bahasa Indonesia.
Kata Kunci : Isi Karangan, Keterampilan Proses
Download files