ESSAY

Writer / NIM
SERLI BADJA / 151408243
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Advisor 2 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Abstract
ABSTRAK Serli. Badja. 2012. Peran Guru Dalam Meningkatkan Disiplin Belajar di Kelas IV SDN 30 Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Dengan Pembimbing I Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd., M.Pd dan Pembimbing II Drs. H. Haris Mahmud, S.Pd., M.Si. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah upaya guru dalam meningkatkan disiplin belajar siswa kelas IV SDN 30 Kota Selatan Kota Gorontalo? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan disiplin belajar siswa kelas IV SDN 30 Kota Selatan Kota Gorontalo. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif melalui angket dan wawancara berupa kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Dari hasil observasi awal yang menunjukkan bahwa hanya 12 dari 30 orang atau (40 %) dari seluruh siswa kelas IV SDN 30 Kota Selatan Kota Gorontalo yang termasuk siswa dengan kategori disiplin baik (B). Setelah guru melakukan upaya-upaya meningkat menjadi 25 dari 30 orang atau (83,33%) siswa yang termasuk dalam kategori disiplin baik (B). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa disiplin siswa kelas IV SDN 30 Kota Selatan Kota Gorontalo, telah dapat ditingkatkan melalui peran guru dalam meningkatkan disiplin belajar di kelas. Kata Kunci: Peran Guru, Disiplin Belajar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011