ESSAY

Writer / NIM
SERLI HALIM / 151408244
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Advisor 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstract
iv ABSTRAK Serli Halim. Nim. 151 408 244. “Meningkatkan Keterampilan Menyimak Pada Siswa Dengan Menggunakan Media Cetak di Kelas V SDN 30 Kota Selatan Kota Gorontalo”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. (Pembimbing I Hj. Sumarni Mohammad, S.Pd, M.Pd, dan pembimbing II Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd). Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya guru dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Pada Siswa Dengan Menggunakan Media Cetak di Kelas V SDN 30 Kota Selatan Kota Gorontalo. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tujuan meningkatan ketrampilan menyimak siswa dengan menggunakan media cetak untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDN 30 Kota Selatan Kota Gorontalo. Metode ini digunakan dengan maksud untuk mengetahui peningkatan keterampilan menyimak siswa dengan menggunakan media cetak pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas V SDN Negeri 30 Kota Selatan Kota Gorontalo. Pada pelaksanaan observasi diketahui bahwa rata-rata keterampilan menyimak siswa sebesar 63.4%. Setelah diadakan tindakan pada siklus I rata-rata keterampilan menyimak siswa meningkat sebesar 73.23%. Namun rata-rata tersebut belum mencapai indikator capaian 75%. Maka dilanjutkan pada tindakan siklus II, pada pelaksanaan tindakan siklus II diperoleh hasil rata-rata keterampilan menyimak siswa sebesar 84.85%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media cetak dapat meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas V SDN 30 Kota Selatan Kota Gorontalo “terbukti” dan dapat diterima. Kata Kunci: Penggunaan Media Cetak dan Menyimak
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011