ESSAY

Writer / NIM
SILFANA DJAFAR / 151408245
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Advisor 2 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstract
ABSTRAK SILFANA DJAFAR, NIM. 151 408 245, 2012. Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Pengurangan Pecahan Biasa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Siswa Kelas IV SDN 10 Kota Barat Kota Gorontalo. Skripsi Program Studi S1 PGSD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Martianty Nolole, M.Pd, Pembimbing II Ismail Pioke, S.Pd, M.Pd Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share, dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan pengurangan pecahan biasa pada siswa kelas IV SDN 10 Kota Barat Kota Gorontalo? Adapun yang menjadi tujuan utama dalam penelitian ini yaitu meningkatkan kemampuan menyelesaikan pengurangan pecahan biasa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share, dapat pada siswa kelas IV SDN 10 Kota Barat Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas, karena dengan metode tindakan kelas peneliti dapat melaksanakan pembelajaran secara langsung dan menilai keaktifan siswa dalam pembelajaran. Adapun indikator dalam penelitian ini adalah minimal 80% dari seluruh siswa kelas IV SDN 10 Kota Barat Kota Gorontalo yang dikenai tindakan memperoleh nilai 70 ke atas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I dari 22 siswa hanya 11 siswa atau 50% yang tuntas belajar. Pada siklus II nilai ketuntasan siswa meningkat menjadi 81,8% dengan jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 18 siswa dari 22 siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperativ tipe think pair share kemampuan menyelesaikan pengurangan pecahan biasa pada siswa kelas IV SDN 10 Kota Barat Kota Gorontalo meningkat. Kata kunci : Pengurangan Pecahan Biasa dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011