ESSAY

Writer / NIM
SILFONI SURATINOYO / 151408246
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Advisor 2 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Abstract
ABSTRAK Silfoni Suratinoyo 2012, Meningkatkan keterampilan siswa menulis laporan dengan metode questioning di kelas V SDN 1 Padengo Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Suatu penelitian Tindakan Kelas, Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Dajani Suleman, M.Hum dan Pembimbing II Dra. Hj. Evi Hasyim, M.Pd. Permasalahan Dalam Penelitian ini adalah apakah keterampilan siswa menulis laporan di kelasV SDN 1 Padengo Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo dapat meningkat dengan metode questioning? Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis laporan dengan metode questioning di kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Padengo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriftif kualitatif yaitu yang menggunakan uraian berupa kalimat yang dilakukan melalui penelitian tindakan kelas dengan dua siklus melalui empat tahap yaitu: tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi, tahap analis dan refleksi. Sebab berdasarkan hasil penelitian bahwa dengan dua siklus ini indikator kerja yang telah dirumuskan tercapai dengan baik. Hasil penelitian menunjukan meningkat pembelajaran menulis laporan dikelas V SDN 1 Padengo pada siklus I capaian yang diperoleh 57,1 % dari 22 siswa, sedangkan ditahap pelaksanaan pembelajaran siklus II terjadi peningkatan menjadi 85,7 %. Hal ini dinyatakan telah tercapai indikator kerja yang ditetapkan. Hasil balik pengamatan guru mitra dalam kegiatan belajar mengajar pada siklus I mencapai kriteria baik hanya 57,1% sedangkan hasil balik pengamatan guru mitra dalam kegiatan belajar mengajar pada siklus II mencapai kriteria baik 91,6 % Simpulan dari penelitian adalah dengan metode questioning keterampilan menulis laporan dapat meningkat, karena dalam pembelajaran siswa dapat menulis laporan sesuai dengan ejaan dan struktur menulis serta dapat memahami isi laporan yang dibuat. Kata Kunci : Keterampilan, laporan, metode questioning (tanya jawab).
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011