ESSAY

Writer / NIM
SITI AISAH / 151408249
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra HAWA PATTIIHA, S.pd .,M.Pd / 0021016008
Advisor 2 / NIDN
Dra PERTIWI LABORO, M.Pd / 0011125404
Abstract
ABSTRAK Siti Aisah, 2012. Peningkatan Kemampuan Siswa Menulis Karangan Melalui Pendekatan Kontekstual di Kelas IV SDN No.85 Kota Tengah Gorontalo. Skripsi, Program studi S-1 PGSD, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Dengan Pembimbing I Dra. Hawa Pattiiha, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Hj. Pertiwi Laboro, M.Pd. Permasalah dalam penelitian adalah apakah pendekatan kontekstual melalui kemampuan siswa menulis karangan di kelas IV SD Negeri No.85 Kota Tengah Kota Gorontalo dapat ditingkatkan? Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan melalui pendekatan kontekstual pada siswa kelas IV SDN No.85 Kota Tengah Kota Gorontalo. Penelitian ini dilaksanakan di SDN No.85 Kota Tengah Kota Gorontalo pada siswa kelas IV dengan jumlah sebanyak 28 siswa diantaranya 16 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Dengan teknik penelitian yang digunakan adalah teknik observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada kemampuan menulis karangan pada observasi awal adalah aspek isi karangan, ejaan/tanda baca, diksi/pilihan kata,dan teknik penyajian/teknik penulisan yang mampu 11 siswa (40%), tidak mampu 17 siswa (60%), maka pada siklus 1 adalah aspek isi karangan, ejaan/tanda baca, diksi/pilihan kata, dan teknik penyajian/teknik penulisan yang mampu 16 siswa (58%), tidak mampu 12 siswa (42%), kemudian pada siklus II adalah aspek isi karangan, ejaan/tanda baca, diksi/pilihan kata, dan teknik penyajian/teknik penulisan yang mampu 24 siswa (86%), tidak mampu 4 siswa (14%). Hasil pengamatan dari penelitian ini adalah penggunaan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan siswa menulis karangan. Hasil observasi awal 38%, siklus I = 61%, siklus II = 96%. Simpulan yang dapat diambil pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan. Jadi, penelitian yang berjudul “Peningkatan Kemampuan Siswa Menulis Karangan Melalui Pendekatan Kontekstual di Kelas IV SDN No. 85 Kota Tengah Kota Gorontalo dinyatakan berhasil. Kata Kunci: Menulis Karangan dan Pendekatan Kontekstual
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011