ESSAY

Writer / NIM
SITI ROHMAH DUKALANG / 151408251
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Advisor 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstract
ABSTRAK Siti Rohmah Dukalang. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sifat-Sifat Cahaya Melalui Metode Eksperimen Pada Kelas V SDN No.87 Kota Tengah Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Drs. Ahmad Lamusu, S.Pd, M.Pd dan pembimbing II. Djotin Mokoginta, S.Pd,M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “apakah dengan menggunakan metode eksperimen hasil belaajar siswa pada materi sifat-sifat cahaya di kelas V SDN No.87 Kota Tengah Kota Gorontalo akan meningkat?”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat cahaya melalui metode eksperimen di kelas V SDN No.87 Kota Tengah Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode ini dimaksudkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat cahaya melalui metode eksperimen yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SDN No.87 Kota Tengah Kota Gorontalo dengan karakteristik subjek penelitian adalah siswa kelas V dengan jumlah 20 orang yang terdiri dari 8 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Dari hasil penelitian pada pembelajaran siklus I diperoleh data, dari 20 orang siswa yang dikenai tindakan hanya 10 orang siswa atau 50% yang memperoleh nilai 71 ke atas dengan daya serap 70,3%, sedangkan pada siklus II meningkat dimana siswa memperoleh nilai 71 ke atas berjumlah 18 orang dari 20 orang siswa atau 90% dengan daya serap 86,75%. Dari hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan maka penulis menyimpulkan bahwa dengan menggunakan metode eksperimen hasil belajar siswa kelas V SDN No.87 Kota Tengah Kota Gorontalo pada materi sifat-sifat cahaya bisa meningkat. Kata kunci : Hasil belajar siswa, Metode eksperimen
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011