ESSAY

Writer / NIM
SRI YANTI K. HUNOWU / 151408263
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Advisor 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstract
ABSTRAK Nama. Sriyanti K. Hunowu, Judul. Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Melalui Pendekatan Kontruktivisme di Kelas V SDN 11 Tilamuta Kabupaten Boalemo Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita melalui pendekatan kontruktivisme di kelas V SDN 11 Tilamuta Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 11 Tilamuta. Objek dalam penelitian ini adalah keterampilan menulis cerita melalui pendekatan kontruktivisme. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara dan lembar pengamatan. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata keterampilan menulis cerita sebelum menerapkan pendekatan kontruktivisme adalah 42,30%, setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontruktivisme pada siklus I nilai-rata keterampilan menulis cerita meningkat menjadi 45,8%. Pada siklus II nilai rata-rata keterampilan menulis cerita meningkat menjadi 76%. Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan kontruktivisme dapat meningkatkan keterampilan menulis cerita pada siswa kelas V SDN 11 Tilamuta. Hasil observasi aktivitas siswa selama proses pembelajaran keterampilan menulis cerita, pada siklus I siswa memperoleh persentase 48,33%, nilai ini berada pada kategori kurang. Pada siklus II meningkat menjadi 74,83%, nilai ini berada pada kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan kontruktivisme dapat meningkatkan keterampilan menulis cerita pada siswa kelas V SDN 11 Tilamuta.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011