ESSAY

Writer / NIM
SRI YULAN TUNA / 151408264
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Advisor 2 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Abstract
ABSTRAK Sri Yulan Tuna. “Meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam berbicara melalui Role playing di Kelas V SDN 1 Dulamayo Barat Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo”. Skripsi, Program Studi S1 PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. 2012. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam berbicara melalui role playing dalam pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SDN 1 Dulamayo Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo yang berjumlah 25 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan analisis data secara kualitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus masing-masing meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Untuk memperoleh data penelitian, dilalukan melalui observasi pembelajaran dengan menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui role playing dapat meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam berbicara di kelas V SDN 1 Dulamayo Barat Kecamatan Telaga. Hal ini tergambar dari rata-rata partisipasi aktif siswa pada siklus I mencapai 2,66 dan meningkat sebesar 3,45 disiklus II, (2) Pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui role playing sudah terlaksana sesuai dengan skenario pembelajaran di kelas V SDN 1 Dulamayo Barat Kecamatan Telaga. Keterlaksanaan dari siklus I mencapai rata-rata sebesar 90,75 %, dan siklus II mencapai rata-rata sebesar 96,3 %. Dengan demikian, melalui role playing dapat meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam berbicara bagi siswa kelas V SDN 1 Dulamayo Barat Kecamatan Telaga yang berjumlah 25 orang. Kata kunci : Partisipasi Aktif, Berbicara, dan Role Playing.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011