ESSAY

Writer / NIM
SRI YUNITA TALIKI / 151408266
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Advisor 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstract
ABSTRAK Sri Yunita Taliki. 2012. Skripsi. “ Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Metode Bermain Peran di Kelas V SDN No. 10 Kota Barat Kota Gorontalo”. Program Studi SI PGSD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II. Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah “Apakah dengan menggunakan metode bermain peran dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa di kelas V SDN No. 10 Kota Barat Kota Gorontalo?” Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa melalui metode bermain peran di kelas V SDN No. 10 Kota Barat Kota Gorontalo. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN No. 10 Kota Barat Kota Gorontalo dengan jumlah siswa 18 orang yang terdiri 10 orang laki-laki dan 8 orang perempuan yang mempunyai kemampuan yang berbeda-beda. Metode Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada dua siklus, yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pemantauan, evaluasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berbicara siswa dapat ditingkatkan melalui metode bermain peran. Hal ini terlihat pada observasi awal terdapat 7 orang atau 38,88 % kriteria tepat, 33,33 % atau 6 orang kriteria kurang tepat dan 27,77 % atau 5 orang kriteria tidak tepat. Tindakan siklus I terdapat 50 % atau 9 orang siswa yang memperoleh kriteria tepat, 33,33 % atau 6 orang siswa memperoleh kriteria kurang tepat, dan 3 orang atau 16,66 % memperoleh kriteria tidak tepat dan pada siklus II meningkat menjadi 88,88 % atau 16 orang siswa memperoleh kriteria tepat, dan 11,11 % atau 2 orang siswa memperoleh kriteria kurang tepat. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan melalui metode bermain peran, maka keterampilan berbicara siswa dapat ditingkatkan. Kata Kunci : Berbicara Siswa, Metode Bermain Peran.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011