ESSAY

Writer / NIM
SRIYUYANTI MOITO / 151408269
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Advisor 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstract
Sriyuyanti Moito. 2012. Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Perjuangan Para Tokoh Pejuang Pada Masa Penjajahan Belanda Melalui Model Group Investigation Di Kelas V SDN 1 Huidu Utara Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Gorontalo Jurusan PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo 2012. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan Model Group Investigation (GI) dapat meningkatkan pemahaman siswa Tentang Perjuangan Para Tokoh Pejuang Pada Masa Penjajahan Belanda di kelas V SDN 1 Huidu Utara Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang Materi Perjuangan Para Tokoh Pejuang Pada Masa Penjajahan Belanda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas untuk memberikan gambaran terhadap keadaan peningkatan pemahaman siswa terhadap Materi Perjuangan Para Tokoh Pejuang Pada Masa Penjajahan Belanda Melalui Model Group Investigation (GI). Data-data dikumpulkan melalui lembar observasi berupa lembar pengamatan aktivitas siswa, pengamatan pemahaman siswa dan hasil evaluasi belajar siswa untuk mengukur tingkat pemahaman siswa dan keberhasilan penelitian. Pada hasil penelitian siklus I, diperoleh hasil pemahaman siswa dari 19 orang mencapai 52.63%. Pada siklus II memperlihatkan hasil pemahaman siswa meningkat menjadi 89.47% sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Group Investigation (GI) pemahaman siswa tentang Penjuangan Para Tokoh Pejuang Pada Masa Penjajahan Belanda Di Kelas V SDN 1 Huidu Utara Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo meningkat. Kata kunci : Pemahaman, Perjuangan Para Tokoh Pejuang Pada Masa Penjajahan Belanda, Model Group Investigation (GI)
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011