ESSAY

Writer / NIM
SUBAHRIA / 151408270
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Advisor 2 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Abstract
Subahria. 151408270. 2012. Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Perkalian Bilangan Cacah Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada siswa Kelas II SDN 1 Suwawa Timur Kab. Bone Bolango Prov. Gorontalo. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Dra.SamsiarRivai, S.Pd, M.Pd selaku Pembimbing I danDra. MartiantyNalole, M.Pd selaku Pembimbing II. Permasalahandalampenelitianiniadalahapakah model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas II SDN 1 Suwawa Timur dalam menyelesaikan perkalian bilangan cacah? Tujuan penelitian ini untuk meningkatkankemampuanmenyelesaikanperkalianbilangancacah melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa kelas II SDN 1SuwawaTimur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodepenelitian tindakan kelas. Penelitiantindakankelasinidilaksanakan di Kelas II SDN 1 SuwawaTimurdenganjumlah 23 siswa.Penelitianinidilaksanakandalam 2 siklus, yaitusiklus I dansiklus II. Hasilpenelitianmenunjukanbahwapadapelaksanaansiklus I dari 23 siswa yang dikenaitindakanmemperolehnilai di bawah 65 berjumlah 10 siswaatau 43,47% dinyatakanbelummampudan yang memperolehnilai diatas 65 berjumlah 13 siswaatau 56,52% dinyatakanmampu. Sedangkanpadasiklus II siswa yang memperolehnilai di bawah 65 berjumlah 3 siswaatau 13,04% dinyatakanbelummampudansiswa yang memperolehnilai di atas 65 berjumlah 20 siswaatau 86,95%. Berdasarkanhasilpenelitiandanpembahasan, makadisimpulkanbahwa, melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), kemampuan menyelesaikan perkalian billangan cacah pada siswa kelas II SDN I Suwawa Timur meningkat. Kata kunci :Perkalian,BilanganCacah, ModelPembelajaran CTL
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011