ESSAY

Writer / NIM
SUNARTI HAMZAH / 151408279
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Advisor 2 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Abstract
ABSTRAK Sunarti Hamzah. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pengaruh Gaya Terhadap Bentuk Benda Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Di Kelas IV SDN 1 Olimoo’o Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Permasalahan utama dalam penelitian ini yaitu apakah dengan penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pengaruh gaya terhadap bentuk benda di kelas IV SDN 1 Olimoo’o Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo?”. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pengaruh gaya terhadap bentuk benda di kelas IV SDN 1 Olimoo’o Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo melalui penerapan metode demonstrasi. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi tes, observasi, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian adalah siswa IV SDN 1 Olimoo’o Kabupaten Gorontalo dengan jumlah 15 orang yang terdiri atas 8 orang siswa laki-laki dan 7 orang siswa perempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan selama dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa dalam memahami materi pengaruh gaya terhadap bentuk benda pada siklus pertama mencapai 68,29 % kemudian pada siklus kedua meningkat menjadi 77,62 %. Begitu pula jumlah siswa yang tuntas (memperoleh nilai 70 atau lebih) pada siklus pertama, jumlah siswa yang tuntas sebanyak 10 orang siswa atau sebesar 66,67 % kemudian pada siklus kedua meningkat menjadi 12 orang siswa atau sebesar 80 %. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Olimoo’o Kabupaten Gorontalo dalam pembelajaran IPA materi pengaruh gaya terhadap bentuk benda dapat ditingkatkan menggunakan metode demonstrasi. Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Demonstrasi. ABSTRACT Sunarti Hamzah. 2012. Increase Result Learns Students in Style Influence Matter Towards Thing Form Passes Demonstration Method Applications at Class IV SDN 1 Olimoo'o Regency Gorontalo. Skripsi, Schoolteacher Education Direction Base, Education Science of Faculty, Gorontalo State University. Principal troubleshoot in this research that is what with demonstration method applications can increase result learn student in style influence matter towards thing form at class Iv SDN 1 olimoo'o District Coast Batudaa Regency Gorontalo? ”. This research aim is to increase result learns student in style influence matter towards thing form at class IV SDN 1 Olimoo'o District Coast Batudaa Regency Gorontalo pass demonstration method applications. Method that used in data collecting covers test, observation, and documentation. Subject in research is students IV SDN 1 Olimoo'o Regency Gorontalo with total 15 person consist of 8 man students and 7 woman students. This class action research is done during two cycles. Research result shows that average value student in realize style influence matter towards thing form in first cycle achieves 68,29 % then in second cycle increases to be 77,62 %. so also complete student total (gets value 70 or more) in first cycle, complete student total as much as 10 students or as big as 66,67 % then in second cycle increases to be 12 students or as big as 80 %. Based on the result inferential that result learn class student IV SDN 1 Olimoo'o Regency Gorontalo in study natural and science style influence matter towards thing form can be increased to use demonstration method. Keyword : Result Learns, Demonstration Method.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011