ESSAY

Writer / NIM
SUPRIYANTO KUYO / 151408281
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Advisor 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstract
ABSTRAK Supriyanto Kuyo. 2012. “Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi Sistem Pemerintahan Pusat Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) di Kelas IV No. 27 Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra.Elmia Umar, M.Pd, dan pembimbing II Samsi Pomalingo, S.Ag, M.A. Penelitian ini bermakasud untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi sistem pemerintahan pusat melalui model pembelajaran Think Pair Share (TPS) di kelas IV SDN NO. 27 Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo. Peneliti menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode ini digunakan dengan maksud meningkatkan pemahaman siswa pada materi sistem pemerintahan pusat melalui model pembelajaran Think Pair Share (TPS) di kelas IV SDN 27 Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo. Pada pelaksanaan siklus I rata-rata pemahaman siswa pada materi sistem pemerintahan pusat sebesar 72,41% Namun rata-rata tersebut belum mencapai indikator capaian 80%. Maka dilanjutkan pada tindakan siklus II, pada pelaksanaan tindakan siklus II diperoleh rata-rata pemahaman siswa pada materi sistem pemerintahan pusat sebesar 93,10% Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi sistem pemerintahan pusat kelas IV No. 27 Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo “terbukti” dan dapat diterima. Kata Kunci: Think Pair Share (TPS) dan Pemahaman Siswa
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011