ESSAY

Writer / NIM
SYAMSIA / 151408285
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Advisor 2 / NIDN
Dra HAWA PATTIIHA, S.pd .,M.Pd / 0021016008
Abstract
Syamsia. Nim 151408285. "Mengurangi Sikap Hiperaktif Siswa Pada Keterampilan Menyimak Melalui Teknik Reinforcement di Kelas SDN No.30 Kota Selatan Kota Gorontalo". Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. (Pembimbing : Dra. Hj. Salma Halidu. S.Pd M.Pd dan Dra. Hawa Patiiha. S.Pd, M.Pd). Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya guru dalam mengurangi sikap hiperaktif siswa melalui teknik Reinforcement pada mata pelajaran bahasa indonesi4 di kelas IV SDN No.30 Kota Selatan Kota Gorontalo.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tujuan mengurangi sikap hiperaktif siswa melalui teknik Reinforcement untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SDN No.30 Kota Selatan Kota Gorontalo. Metode ini digunakan dengan maksud untuk mengetahui peningkatan keterampilan menyimak siswa dengan menggunakan teknik Reinforcement media cetak pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SDN No.30 Kota Selatan Kota Gorontalo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penggunaan teknik Reinfotrcement dalam upaya mengurangi sikap hiperaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Hal ini nampak pada hasil siklus dengan rincian observasi awal73.33% (22 Orang) pada siklus I meningkat lagi sebesar 43.33 % (13 Orang) dan pada siklus lI 23.33% (7 Orang) dari 30 Orang siswa. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan meggunakan teknik Reinforcement untuk mengurangi sikap hiperaktif siswa, sehingga hasil belajar siswa kelas IV SDN No.30 Kota Selatan Kota Gorontalodapat meningkat. Kata Kunci: Sikap Hiperaktif, Keterampilan Menyimak, Reinforcement
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011