ESSAY

Writer / NIM
TETI KADIR EYATO / 151408288
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Advisor 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstract
ABSTRAK Teti Kadir Eyato. 2012. Meningkatkan Keterampilan Menulis Laporan Pengamatan Melalui Metode Pemberian Tugas Pada Siswa Kelas V SDN 13 Wonosari Kecamatan Wonosari Kabupaten Boalemo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Dajani Suleman, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah keterampilan menulis laporan pengamatan melalui metode pemberian tugas pada siswa kelas V SDN 13 Wonosari Kecamatan Wonosari Kabupaten Boalemo akan meningkat?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis laporan pengamatan melalui metode pemberian tugas pada siswa kelas V SDN 13 Wonosari Kecamatan Wonosari Kabupaten Boalemo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Adapun siswa yang dijadikan sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas V dengan jumlah siswa sebanyak 16 orang yang terdiri dari 9 orang siswa laki-laki dan 7 orang siswa perempuan. Pelaksanaan tindakan dilakukan sebanyak dua siklus. Persentase untuk kriteria baik dan sangat baik pada siklus I mencapai 50 % kemudian pada siklus II meningkat menjadi 85 %. Sedangkan pada kegiatan guru, persentase untuk kriteria baik dan sangat baik pada siklus I mencapai 56 % kemudian pada siklus II meningkat menjadi 88 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode pemberian tugas keterampilan siswa dalam menulis laporan pengamatan dapat ditingkatkan. Kata kunci: Menulis, Laporan Pengamatan, Metode Pemberian Tugas
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011