ESSAY

Writer / NIM
TRYAKURNIASARI / 151408290
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Advisor 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstract
Tria Kurniasari. 2012.ā€¯Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Pengaruh Gaya Pada Gerak Benda Melalui Metode Eksperimen Di Kelas IV SDB Al Huda Kota Selatan Kota Gorontaloā€¯. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri. Pembimbing I. Drs. Ahmad Lamusu, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Drs. Djotin Mokoginta,S.Pd,M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar tentang pengaruh gaya pada gerak benda dengan menggunakan metode eksperimen di kelas IV SDB Al Huda Kota Selatan Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Metode ini dimaksudkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang pengagruh gaya pada gerak benda melalui metode eksperimen yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SDB Al Huda Kota Selatan Kota Gorontalo dengan karakteristik subjek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 24 orang yang terdiri dari 16 orang laki-laki dan 8 orang perempuan. Dari hasil penelitian pada pembelajaran siklus I diperoleh data, dari 24 orang siswa yang belum tuntas ada 9 orang atau 37,5% yang tuntas ada 15 orang atau 62,5% dengan nilai rata-rata 72,16%. Sedangkan pada siklus II meningkat dimana siswa yang belum tuntas ada 3 orang atau 12,5% yang tuntas ada 21 orang atau 87,5% dengan nilai rata-rata 83,16%. Dari hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan maka penulis menyimpulkan bahawa dengan menggunakan metode eksperimen hasil belajar siswa di kels IV SDB Al Huda Kota Selatan Kota Gorontalo dalam pengaruh gaya pada gerak benda meningkat. Kata Kunci : Hasil Belajar, Pengaruh Gaya Pada Gerak Benda, Metode Eksperimen.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011