ESSAY

Writer / NIM
VEBRIYATI GIONTE / 151408298
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Advisor 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstract
ABSTRAK Vebriyati Gionte, 2012. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menyimpulkan isi Cerita Melalui Pendekatan Komunikatif Di Kelas V SD Negeri 6 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Progaram Sutdi S1 PGSD, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd, dan Pembimbing II Wiwy T Pulukadang, S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah penerapan pendekatan komunikatif dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyimpulkan isi cerita di kelas V SD Negeri 6 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango? Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang penerapan pendekatan komunikatif dalam meningkatkan kemampuan siswa menyimpulkan isi cerita di kelas V SD Negeri 6 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango yang berjumlah 26 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa menyimpulkan isi cerita melalui pendekatan komunikatif di kelas V SD Negeri 6 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango. Berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan pembahasan hasil interprestasi dapat diperoleh hasil penilaian pada siklus I tentang kemampuan menyimpulkan isi cerita siswa kelas V SD Negeri 6 Bulango Selatan belum menunjukkan seperti apa yang diharapkan. Sebab dari 26 siswa yang dikenai tindakan diperoleh hasil pengamatan pada siklus I yakni 60.06% dan siklus II meningkat menjadi 86.16%. Melihat hasil ini, indikator kerja yang telah dirumuskan dalam penelitian ini yaitu apabila 86% dari jumlah siswa menyimpulkan isi cerita dapat dicapai. Dapat disimpulkan bahwa siswa kelas V SD Negeri 6 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango dalam hal menyimpulkan isi cerita dapat ditingkatkan dengan menggunakan pendekatan komunikatif. Kata Kunci : Simpulan Isi Cerita, dan Pendekatan komunikatif. ABSTRACT Vebriyati Gionte, 2012. Increasing Student ability Conclude plot Via Communicative Approaching At class V SD Negeri 6 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango. Paper, Progaram Sutdi S1 PGSD, Education majors Learns Elementary School, Education Knowledge faculty, Gorontalo's Country university. Dra's i. counsellor. Hj. Evi Hasim, M. Pd, and Counsellor II. Wiwy T Pulukadang, S. Pd, M. Pd. About problem in this research is If communicative approaching implement get to increase student ability in conclude plot at class V SD Negeri 6 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango? To the effect this research to get clear picture about communicative approaching implement in increase student ability conclude plot at class V SD Negeri 6 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango that total 26 person. Method that is utilized in this research is kualitatif's approximate methods by use of kualitatif's descriptive method that aims to describe student ability conclude plot via communicative approaching at class V SD Negeri 6 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango Base observation result, interview, and interprestasi's result study can get estimation result on cycle about ability conclude student plot class V SD Negeri 6 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango haven't pointed out as what does be expected. Cause of 26 student that hit by yielding acquired action observing on i. cycle namely 60. 06% and cycle II. worked up as 86. 16%. Seeing this result, job indicator already been formulated deep observational it which is if 86% of student amount conclude plot can be reached. Can be concluded that student class V SD Negeri 6 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango in term conclude plots can be increased by use of communicative approachings. Key word: Conclude Plot, and communicative Approaching
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011