ESSAY

Writer / NIM
WARNI N. HUSAIN / 151408305
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Advisor 2 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Abstract
ABSTRAK Warni N. Husain. 2012. Meningkatkan Pemahaman Siswa Materi Mengenal Penggunaan Uang Pada Pelajaran IPS Melalui Model Role Playing Di Kelas III SDN 2 Barakati Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “Apakah melalui model Role Playing pada pembelajaran IPS materi penggunaan uang di kelas III SDN 2 Barakati Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo pemahaman siswa akan meningkat?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa melalui model Role Playing pada pembelajaran IPS materi penggunaan uang di kelas III SDN 2 Barakati Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data hasil observasi kegiatan siswa pada siklus I untuk kategori baik (B) dan sangat baik (SB) jumlah persentase keduanya 42,8 % dan meningkat menjadi 78,5% pada siklus II. Sedangkan data hasil observasi kegiatan guru pada siklus I untuk kategori baik (B) dan sangat baik (SB) jumlah persentase keduanya 69,2 % dan meningkat menjadi 84,6 % pada siklus II. Adapun hasil tes pemahaman siswa materi mengenal penggunaan uang pada pelajaran IPS melalui model role playing selama pelaksanaan tindakan yaitu pada siklus I persentase rata-rata mencapai 58,15 % meningkat menjadi 71,54 % pada siklus II. Berdasarkan data hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model role playing dapat meningkatkan pemahaman siswa materi mengenal penggunaan uang pada pelajaran IPS di kelas III SDN 2 Barakati Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo. Kata Kunci: Pemahaman, Model Role Playing
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011