ESSAY

Writer / NIM
WAWAN ISKANDAR GANI / 151408307
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra HAWA PATTIIHA, S.pd .,M.Pd / 0021016008
Advisor 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstract
ABSTRAK Wawan Iskandar Gani 2012. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Paragraf Narasi Melalui Gambar Seri di Kelas IV SDN 3 Bongo Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Suatu Penelitian Tindakan Kelas Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo 2012. Pembimbing I Dra. Hawa Pattiiha, S.Pd., M.Pd dan Pembimbing II Wiwy T. Pulukadang, S.Pd., M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan siswa menulis paragraf narasi melalui gambar seri di kelas IV SDN 3 Bongo Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis paragraf narasi melalui gambar seri di kelas IV SDN 3 Bongo Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Sementara teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 3 Bongo Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo, dengan jumlah siswa 22 orang yang terdiri dari 8 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Penelitian yang dilaksanakan dikategorikan sebagai penelitian tindakan kelas dan dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yakni tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada observasi awal siswa yang mampu menulis paragraf narasi sebanyak 5 orang atau 23% dengan total persentase kemampuan siswa menulis paragraf narasi yang mencapai 32%. Adapun pada siklus I siswa yang mampu menulis paragraf narasi melalui gambar seri sebanyak 10 orang atau 45% dengan total persentase kemampuan siswa menulis paragraf narasi yang mencapai 60% dan pada siklus II meningkat menjadi 18 orang atau 82% dengan total persentase kemampuan siswa menulis paragraf narasi yang mencapai 86%. Hasil capaian ini melebihi target indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yakni 16 orang atau 73% dari jumlah keseluruhan 22 orang siswa yang mampu menulis paragraf narasi melalui gambar seri. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa menulis paragraf narasi melalui gambar seri di kelas IV SDN 3 Bongo Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo dapat dinyatakan berhasil, sehingga hipotesis tindakan yang telah dirumuskan terbukti dan dapat diterima. Kata Kunci : Menulis, paragraf, narasi dan gambar seri.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011