ESSAY

Writer / NIM
WIWIN MAHMUD / 151408311
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Advisor 2 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstract
ABSTRAK Wiwin Mahmud. Nim 151408311. 2012. Meningkatkan Kemampuan Mengubah Bilangan Asli Ke Bilangan Romawi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Pada Siswa Kelas IV SDN No. 10 Kota Barat Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Masalah Penelitian ini adalah apakah kemampuan mengubah bilangan asli ke bilangan romawi dapat ditngkatkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada siswa kelas IV SDN No. 10 Kota Barat Kota Gorontalo? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengubah bilangan asli ke bilangan romawi melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada siswa kelas IV SDN No. 10 Kota Barat Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas digunakan dengan maksud untuk meningkatkan kemampuan mengubah bilangan asli ke bilangan romawi melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa, dari 22 orang siswa yang dikenai tindakan, siswa yang mempunyai nilai 75 berjumlah 7 orang atau 32% dan siswa yang mempunyai nilai 85 berjumlah 5 orang atau 23% yang dinyatakan mampu, dengan demikian dari 22 orang siswa yang dikenai tindakan 12 orang atau54% mampu mengubah bilangan asli ke bilangan romawi. Sehingga masih perlu dilanjutkan pada siklus II siswa yang mencapai nilai 75 berjumlah 4 orang atau 18% dan siswa yang mencapai nilai 85 berjumlah 14 orang atau 63% yang dinyatakan mampu, berarti dari 22 orang siswa yang dikenai tindakan 18 orang atau 82% mampu mengubah bilangan asli ke bilangan romawi. Dengan demikian indikator yang diharapkan telah tercapai. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) maka kemampuan mengubah bilangan asli ke bilangan romawi pada siswa kelas IV SDN No. 10 Kota Barat Kota Gorontalo meningkat. Kata kunci: Kemampuan, mengubah bilangan asli ke bilangan romawi, Numbered Head Together (NHT)
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011